Pendidikan merupakan salah satu instrumen sarana paling penting dalam kehidupan manusia.Ia merupakan bentuk strategi budaya yang tertua bagi manusia untuk mempertahankan kelangsungan eksistensi mereka. Oleh karenanya upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas harus dilakukan secara terus menerus .Melalui pendidikan diharapkan pemberdayaan,kematangan dan kemandirian serta mutu bangsa secara menyeluruh dapat terwujud,karena pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang amat strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Terminologi pendidikan memiliki ruang lingkup yang luas meliputi pendidikan persekolahan dan pendidikan luar sekolah.Namun demikian,kenyataan menunjukkan bahwa tumpuan utama dalam pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan berada pada.pendidikan persekolahan.Oleh karena itu upaya reformasi pendidikan saat ini ditujukan pada bagaimana memperbaiki sistem pendidikan persekolahan agar dapat meningkatkan mutu lulusan secara signifikan .
Salah satu pendekatan yang dipilih saat ini sebagai alternatif peningkatan kualitas pendidikan persekolahan adalah dengan memberikan otonomi yang luas di tingkat sekolah,serta partisipasi masyarakat yang tinggi dalam kerangka pendidikan Nasional.
Hal-hal diatas secara implisit memberikan penegasan bahwa betapa strategisnya peran program pendidikan dan praktek pembelajaran dalam menentukan keberhasilan dan tercapainya tujuan pendidikan di sekolah .Karakteristik dan indikator keberhasilan pendidikan di persekolahan yang pertama dan utama adalah efektifitas proses pembelajaran,yang tidak lep as dari kurikulum.Kurikulum dalam hal ini harus dipahami secara luas ,yakni akumulasi kegiatan yang dilakukan dan dialami peserta didik dalam perkembangan dan proses pembelajaran baik formal maupun informal dalam rangka mencapai tujuan pendidikan .Untuk terlaksana secara efektif dan efesien di perlukan manajemen kurikulum di tingkat sekolah sebagai refleksi dari otonomi pendidikan.Disamping itu kelengkapan sarana prasarana merupakan media yang tak kalah pentingnya dalam melaksanakan proses pembelajaran.tanpa adanya sarana prasarana yang memadai akan terjadi kesenjangan dalam melaksanakan aktifitas pendidikan sekolah.oleh sebab itu masalah sarana prasarana perlu di perhatikan dengan secara serius.
Maka dari pada itu Tujuan artikel ini adalah untuk menghimbau para dermawan dalam meningkatkan kualitas pendidikan persekolahan dan juga untuk mencapai tujuan Pendikan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Batang dalam mewujudkan ulama intelektual yang militan ,beriman,dan bertaqwa, beraklak mulia, cakap dan terampil,menguasai tekhnologi dasar serta bertanggung jawab berguna bagi masyarakat ,negara dan bangsa.selain itu juga untuk meningkatkan proses belajar mengajar serta menumbuhkan anak-anak yang shaleh.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !