Sejarah Ringkas MTs Muhammadiyah Sungai Batang - Website Resmi MTs Muhammadiyah Sungai Batang
Headlines News :
Home » » Sejarah Ringkas MTs Muhammadiyah Sungai Batang

Sejarah Ringkas MTs Muhammadiyah Sungai Batang

Written By Unknown on Kamis, 09 Agustus 2012 | 16.57

Buya AR St Mansyur
Perserikatan Muhammadiyah didirikan pada tahun 1912 oleh KH.Ahmad Dahlan, dan pada tahun 1924 Muhammadiyah didirikan oleh Buya AR.ST.Mansur di Sungai Batang untuk menumbuhkan generasi Islam yang beriman , maka pada tahun 1925 didirikan sebuah sekolah yang kemudian menjadi MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH (MTsM) Pertama di Indonesia.

Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Batang ini didirikan oleh Cabang Muhammadiyah Sungai Batang yang didalamnya terdiri dari DR.ABDUL KARIM AMRULLAH (AYAH HANDA BUYA HAMKA), H.YUSUF AMRULLAH, BUYA AR.ST.MANSUR Dan lain-lain.
Betapa besar nilai sejarah pendidikan didalam perserikatan Muhammadiyah yang tersebar dimana-mana, dan semua itu dimulai dari langkah awal Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Batang.
Untuk menampung lulusan MTsM Sungai Batang didirikan pula Madrasah Qulliyatul Muballighien di Padang Panjang. Anak-anak yang berhasil lulus di Qulliyatul Muballighien menjadi Mubaligh-munaligh Muhammadiyah dan di kirim keseluruh Indonesia, sehingga Muhammadiyah dengan syiar Islam dan Organisasinya menyebar ke seluruh Nusantara. Ditilik dari latar belakang tersebut diatas menyatakan bahwa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Batang merupakan pioneer dari gerakan da'wah Amal Ma'ruf Nahi Mungkar Perserikatan Muhammadiyah.
Terima Kasih Telah Membaca Artikel Sejarah Ringkas MTs Muhammadiyah Sungai Batang. Silahkan Klik Tombol Like Atau Share Untuk Berbagi Artikel Ini Atau Silahkan Di Copy Link http://mtsm-sungaibatang.blogspot.com/2012/08/sejarah-ringkas-mts-muhammadiyah-sungai.html Terima Kasih.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pengunjung

Rekening Donasi



 
Copyright © 2012. Website Resmi MTs Muhammadiyah Sungai Batang - All Rights Reserved
Jl Lingkar Maninjau Km 5.5 Muaro Pauah Nagari Sungai Batang
Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam 26472
Support : Ranah Maninjau
Created by MPS