MATERI PERSIAPAN UAM MTs
1. Manfaat dan tujuan mempelajari SKI :Untuk mengetahui masalah kehidupan umat manusia yang berkaitan dengan hukum Islam.
2. Menentukan contoh bentuk/wujud SKI :
1. Sistim politik.
Meliputi : Hukum Islam,Khilafah,Kementerian dan adminstrasi,Keuangan.
2. Sistim kemasyarakatan.Terbagi dalam kelompok :
a.Kelompok Penguasa
b. Kelompok tokoh agama
c. Kelompok militer
d. Kelompok cendikiawan
e. Kelompok pekerja dan budak
f. Kelompok petani
3. Ilmu Pengetahuan
3. Menentukan misi Nabi Muhammad SAW sebagai Rahmat bagi alam semesta :
4. Menentukan ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta :
Sifat-sifat yang dimiliki Nabi :
a. Sifat Sidiq ( selalu membenarkan.
b. Amanah( dapat dipercaya ).
c. Fathonah ( cerdas ).
d. Tabligh ( berani menyampaikan)
Membawa
agama tauhid .pada mulanya ,dakwah Nabi Muhammad saw dilakukan secara
sembunyi.Sasaran dakwah terbatas pada orang-orang dekat di sekitar
beliau.Selanjutnnya Nabi Muhammad saw ,berdakwah secara terbuka setelah
beliau menerima wahyu al Hijr ayat 94.
5. Menentukan contoh keteladanan dari perjuangan Nabi Muhammad dalam menghadapi masyarakat Mekkah :
a. Menampilkan sikap terpuji dan mempunyai sifat sidiq amanh,tabligh , fathonah
b. Menyebarkan misi dan mencari pendukung awal dari dari orang2 terdekat.
c. Beerakwah secara terbuka pada saat kedudukan makin menguat.
d. Melakukan hijrah untuk menyusun kekuatan.
e. Menyandarkan untuk keberhasilan pada Allah SWT.
6. Menentukan contoh perjuangan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah :
7. Menentukan respon masyarakat Madinah dengan datangnya Nabi dan para sahabatnya :Disambut dengan baik,Nabi Muhammad memberikan gelar kepada Masyarakat Islam Madinah dg sebutan Kaum Anshor( penolong )
8. Menentukan keberhasilan Nabi SAW dalam membangun perekonomian :
9. Menentukan Ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan berwirausaha :
10. Menentukan contoh cara berwirausaha yang sesuai dengan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW :
11. Menunjukkan sikap Nabi SAW yang tidak memihak di Madinah :
12. Menentukan prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrosidin :
1. Masa Kholifah Abu Bakar as Shidiq:
a. Memerangi kaum murtad
b. Koodifikasi Al-Qur’an
c. Perluasan Wilayah Islam
2. Masa Kholifah Umar bin Khattab:
a. Perluasan wilayah
b. Menata administrasi dan keuangan pemerintahan
c. Penetapan kalender Hijriah
3. Masa Kholifah Usman bin Affan :
a. Kodifikasi Mushaf Al-Qur’an
b. Renovasi Masjid nabawi
c. Pembentukan angkatan laut
d. Perluasan wilayah
4. Kholifah Ali bin Abi Thalib:
a. Mengganti pejabat yg kurang cakap
b. Membenahi keuangan negara
c. Memajukan ilmu bahasa
d. Bidang pembangunan
13. Menentukan ibrah yang dapat dipetik dari Khulafaurrosyidin : merupakan sosok pemimpin
a. Abu
Bakar yg tegas dan teguh memegang kebenaran. Membrantas suatu gerakan
yg menyalahi islam,tanpa member kesempatan itu berkembang.
b. Kholifah
Umar bin Khottob pemimpin yg meletakkan dasar-dasar demokrasi islam.
Beliau memperhatikan dan mengutamakan kepentingan rakyat
c. Kholifah
Usman bin Affan pemimpin yg lemah lembut dan sangat memperhatikan
kepentingan rakyat. Lebih suka mengadakan pendekatan persuasive jika
terjadi gejolak.
d. Kholifah
Ali bin Abi Thalib, pemimpin yg disiplin,tegas dank keras dalam
kebenaran. Dalam kondisi tertentu Ali bin Abi Thalib mengutamakan
kebenaran yg diyakini dari pada persatuan. Sangat menjunjung tinggi
keputusan yg sudah menjadi keputusan bersama.
14. Menunjukkan proses berdirinya daulah bani Umayah .
Dinasti
Umayah Memegang keuasaan selama 90 th. Bani berarti anak cucu,Dinasti
berarti : keturunan raja-raja, Daulah berarti : Kekuasaaan .
Dinasti Umayah adalah Keturunan raja-raja yang memerintah yang berasal dari Bani Umayah .
Mu’awiyah
bin Abu Sufyan adalah putra dari Abu Sufyan bin Harb, ia masuk islam
bersama ayahnya saat terjadi Fathul Makkah. Masa Abu Bakar as Shiddiq,
Muawiyah bin Abi Sufyan memimpin tentara Islam menumpas kaum murtad
dalam perang Riddah.
Peristiwa
terbunuhnya USman bin Affan menyebabkan terjadinya perselisihan antara
Muawiyah bin Abi Sufyan dan Ali bin Abi Thalib akhirnya pecah perang
Shiffin.Perang tersebut diakhiri dg Tahkim,yg menyebabkan kelompok Ali
bin ABi Thalib pecah menjadi 2: kelompok howarij dan kelompok Syi’ah.
Ali bin ABi Thalib dibunuh oleh Ibnu Muljam dari kelompok Khowarij.
Pemerintahan dilanjutkan putra Ali bernama Hasan bin Ali yag berlangsung hanya bbrpa bulan.
Peristiwa penyeerahan kekuasaan dai hasan bin Ali dg Mu’awiyah dikenal dg Amul Jama’ah
atau tahun penyatuan terjadi th 661 M. mulai saat itu pemerintahan
Islam dipegang oleh Muawiyah kemudian dipindahkan dari Madinah ke
Damaskus(Suriah ).
15. Menentukan perkembangan kebudayaan / perdaban Islam bidang Ipoleksosbud pada masa dinasti Umayah yeng terkenal :
16. Menentukan ibrah dari perkembangan kebudayaan / peradaban islam pada penguasa dinasti bani Umayah yang terkenal :
17. Menentkan keterkaitan berpola hidup sederhana dengan keberhasilan pemimpin :
18. Menentukan berdirinya dinasti Bani Abbasiyah :
19. Menentukan tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan / peradaban Islam bidang Ilmu Agama masa Bani Abbasiyah :
20. Menentukan tokoh ilmuan muslim dalam kemajuan kebudayaan/kebudayaan Ilsam bidang Ilmu Umum pada masaBani Abbasiyah :
21. Menentukan Ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban islam pada masa kepemimpinan Abu Jakfar Al Mansur :
22. Menentukan keterkaitan perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa kepemimpinan Abu Abbas Assayafah dengan sekarang :
23. Menentukan keterkaitan perkembangan kebudayaan/ perdaban Islam pada masa kepemimpinan Harun AL Rasyid dengan sekarang:
24. Menentukan keterkaitan perkembangan kebudayaan Islam pada masa Al makmun dengan sekarang :
25. Menentukan contoh ketekunan dan kegigihan penguasa dinasti bani Abbasiyah :
26. Menentukan pendiri dinasti al Ayyubiyah :Sholahudin yusuf Al Ayyubi
27. Menunjukkan perkembangan kebudayaan / peradaban Islam bidang sosial budaya pada masa sholahudin Al Ayubi :
28. Menunjukkan perkembangan/peradaban Islam bidang keagamaan pada masa Sholahudin Al Ayyubi :
29. Menentukan
tokoh ilmuwan muslim bidang hadits dan perannya dalam kemajuan
kebudayaan / peradaban islam pada masa Dinasti Al Ayubiyah :
30. Menentukan tokoh ilmuwan muslim bidang sejarah dan perannya dalam kemajuan kebudayaan Islam masa Dinasti Al Ayyubiyah :
31. Menentukan ibrah dari perkembangan kebudayaan islam pada masa Sholahudin Al Ayyubi :
32. Menentukan ibrah dari perkembangan kebudayaan Islam masa Al Kamil :
33. Menunjukkan keterkaitan perkembangan perkembangan kebudayaan Islam pada masa dinasti Al Ayyubiyah dengan perkembangan masa kini dan masa yang akan datang :
34. Menentukan contoh sikap keperwiraan Sholahudin Al Ayyubi :
35. Menentukan contoh ketegasan Sholahudin Al Ayyubi dalam menciptakan aparatur pemerintah bersih dan berwibawa :
36. Menentukan bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke 11 – 13 :
a. Catatan perjalanan Marcopolo
Perjalanan k eke Sumatra barat,sempat singgah ke Kerajaan Samudra Pasai.
b. Berita ibnu Batutah.
37. Menentukan proses masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan :
Masuk
islam melalui perdagangan abad 7-16 M. Para pedagang membentuk
pemukiman yang disebut : PEKOJAN. Dari tempat ini mereka berinteraksi
dan berasimilasi dg masyarakt seraya menyebarkan agama islam.
38. Menentukan penyebab perkembangan Islam di Nusantara :
39. Menentukan sejarah kerajaan samudra pasai:
40. Menentukann pendiri kerajaan Demak :
41. Menentukan penguasa kerajaan samudra pasai yang terkenal :
42. Menentukan pendiri kerajaan Demak :
43. Menentukan penguasa kerajaan Islam di Banten yang terkenal :
44. Menentukan peran antara Abdurrauf Sinkili dalam perkembangan Islam di Indoensia :
45. Menentukan peran M. Arsyad Al Banjari dalam perkembangan Islam di Indonesia :
46. Menunjukkan keteladanan dari Adurrauf Singkili dan M. Arsyad Al Banjari yang ada kesamaan dengan semangat para pelajar :
a. Abdurrauf singkil.
· Lahir
dikota singkil Aceh ,nama aslinya Abdur Rauf al Fansuri. Org pertama
yang mengembangkan tarekat Satariah di Indonesia. Ia menulis berbagai
ilmu : tafsir,hadits,fiqih dan tasawuf.
· Tahun
1640 M berangkt k eke tanah Arab bertujuan memperlajari ilmu agama,
ketika yg menjadi sultan aceh adalah Sultan Safiiatuddin Tajul Alam (
1641-1675 ).
· Belajar
Tarekat Syatariah pada Ahmad Qusasi (1583-1661 M) dan Ibrahim al
Qur’ani. Ia memperoleh Ijazah untuk mengajarkan tarekat kepada orang
lain.
· Abdurrauf
singkil kembali ke Aceh mengembangkan Tarekat, bertujuan membangkitkan
kesadaran terhadap keberadaan Alllah SWT dalam hati manusia. Hal ini
dicapai dg dhikir pada Allah.
· Beberapa muridnya : Burhanudin Ulakan dari pariaman ,Sumatra Barat.
· Abdurrauf
singkil menjadi Mufti kerajaan Aceh ketika diperintahkan Sultanah Tajul
Alam. Ia berhasil menghapus ajaran Salik Buta merupakan tarekat sesat.
· Abdurrauf Singkil memiliki 12 karya tulis terdiri dari kiitab : tafsir,fiqih,tasawuf.
· Kitab tafsir yg berjudul Turjuman al mustafid ( terjemah pemberi faedah ). Merupakan kitab pertema yg dihasilan di Indonesia.
47. Menentukan tradisi lslam karya tulis dari kitab yang berkembang di Jawa :
48. Menentukan asal tradisi dan:Tafsir, contohnya :
a. Adat melayu contohnya :
· bayi lahir laki2 segera diadzhani dan diiqomahkan,bayi perempuan lidahnya ditetesi madu dengan menggunakan kain
· Acara aqiqah,bayi laki2 disembelihkan 2 ekor kambing,1 kambing untuk bayi peeremmpuan.
· Bayi usia 3 bulan diadakn upacara “ mengayun budak. Bayi perempuan ditelingannya disebut “ batindik”.
· Usia 7 tahun mengantarkan pada guru ngaji untuk bekajar Al Qur’an,bersilat dan menari Zapin.
· Acara sunatan dimeriahkan dg kesenian Gazal dan Langgam.
· Khitan
merupakan tanda memasuki usia dewasa. Mereke memisahkan diri dg orang
tua tidur disurau atau dimekah. Laki2 disbut Bujang, perempuan disebut
Gadis.
b. Adat Minang
· Anak
laki2 yg menginjak akil baligh segera dikhitan sekaligus untuk
mengislamkan. Untuk anak perempuan yg masuk usia dewasa diadakan upacar “
Menata konde “(merias rambut) ketika sudah mendapat haid pertama.
c. Adat Bugis.
· Tari
pergaulan. Dimainkan oleh laki2 dan perempuan. Kelompok penari laki2
dinamakan Pakarena Barekna. Kelompok penari perempuan Pakarena
Baine.Tarian ini disajikan dalamberbagai upacara.
d. Adat Madura
· Sandur berarti nyayian rtual ,meniru suara gamelan dengan mulut, dan tata cara bersenandung menghibur diri
· Di
Madura Barat ,khususnya Bangkalan ,sandur mempunyai arti pertunjukan
teater komedi yg disebut Shalabadan, belakangan disebut Sandur Madura.
Sandur mempunyai kemiripan dg ketoprak,ludruk dan teater Madura
e. Adat Sunda.
· Bayi laki2 diadzhankan dan diqomahkan, bayi perempuan cukup diiqomakan.
· Kedewasaan ditandai dg upacara Khitanan pada usia 7-8 th. Sebelum berkhitan berendam ,saat khitan mengenakan sarung. Tukang sunat ( Paraji Sunat ).
49. Menentukan kesesuain antara nama walisongo dengan kesenian dan adat istiadat yang dibuat :
50. Menentukan bentuk apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara :
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !