Website Resmi MTs Muhammadiyah Sungai Batang
Headlines News :
Selamat Datang di MTs Muhammadiyah Sungai Batang | Jl Lingkar Maninjau Km 5.5 Muaro Pauah Sungai Batang 26472 | Kritik, Saran dan Masukan Silahkan Dikirimkan ke email : info@mtsm-sungaibatang.com

Latest Post

Antara Mata dan Hati

Written By Unknown on Senin, 08 April 2013 | 13.07



Eramuslim - Mata adalah penuntun, dan hati adalah pendorong dan penuntut. Mata memiliki kenikmatan pandangan dan hati memiliki kenikmatan pencapaian. Keduanya merupakan sekutu yang mesra dalam setiap tindakan dan amal perbuatan manusia, dan tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lain.

Ketika seseorang memiliki niat untuk melakukan sesuatu yang muncul dari dalam hati, maka dia memerlukan mata sebagai penuntunnya. Untuk melihat, mengamati, dan kemudian otak ikut bekerja untuk mengambil keputusan.
Bila seseorang memiliki niat untuk melakukan amal yang baik, maka mata menuntunnya kearah yang baik pula. Dan bila seseorang berniat melakukan suatu perbuatan yang tidak baik, maka mata akan menuntunnya kearah yang tidak baik pula.
Sebaliknya bisa pula terjadi, ketika mata melihat sesuatu yang menarik, lalu melahirkan niatan untuk memperoleh kenikmatan dari hal yang dilihatnya, maka hati akan mendorong mata untuk menjelajah lebih jauh lagi, agar dia memperoleh kepuasan dalam memandangnya. Sehingga Allah SWT memberikan kepada kita semua rambu-rambu yang sangat antisipatif, yaitu perintah untuk menundukkan pandangan: "Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".
"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya."
(QS. An Nuur: 30-31)
Demikianlah hal yang terjadi, sehingga ketika manusia terpuruk dalam kesesatan, maka terjadilah dialog antara mata dan hati, seperti yang dituturkan oleh seorang ulama besar Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah dalam bukunya "Taman Orang-orang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu".
Hati berkata kepada Mata
Kaulah yang telah menyeretku kepada kebinasaan dan mengakibatkan penyesalan karena aku mengikutimu beberapa saat saja. Kau lemparkan kerlingan matamu ke taman itu, kau mencari kesembuhan dari kebun yang tidak sehat, kau salahi firman Allah, "Hendaklah mereka menahan pandangannya", kau salahi sabda Rasulullah Saw, "Memandang wanita adalah panah beracun dari berbagai macam panah Iblis. Barangsiapa meninggalkannya karena takut kepada Allah Azza wa Jalla, maka Allah akan memberi balasan iman kepadanya, yang akan didapati kelezatannya di dalam hatinya". (H.R. Ahmad)
Sanggahan Mata terhadap Hati
Kau zhalimi aku sejak awal hingga akhir. Kau kukuhkan dosaku lahir dan batin. Padahal aku hanyalah utusanmu yang selalu taat dan penuntun yang menunjukkan jalan kepadamu. Engkau adalah raja yang ditaati. Sedangkan kami hanyalah rakyat dan pengikut. Untuk memenuhi kebutuhanmu, kau naikkan aku ke atas kuda yang binal, disertai ancaman dan peringatan. Jika kau suruh aku untuk menutup pintuku dan menjulurkan hijabku, dengan senang hati akan kuturuti perintah itu. Jika engkau memaksakan diri untuk menggembala di kebun yang dipagari dan engkau mengirimku untuk berburu di tempat yang dipasangi jebakan, tentu engkau akan menjadi tawanan yang sebelumnya engkau adalah seorang pemimpin, engkau menjadi budak yang sebelumnya engkau adalah tuan. Yang demikian itu karena pemimpin manusia dan hakim yang paling adil, Rasulullah Saw, telah membuat keputusan bagiku atas dirimu, dengan bersabda: "Sesungguhnya di dalam tubuh itu ada segumpal darah. Jika ia baik, maka seluruh tubuh akan baik pula, dan jika ia rusak, rusak pula seluruh tubuh. Ketahuilah, segumpal darah itu adalah hati." (H.R. Bukhori Muslim dan lainnya).
Abu Hurairah Ra. Berkata, "Hati adalah raja dan seluruh anggota tubuh adalah pasukannya. Jika rajanya baik, maka baik pula pasukannya. Jika raja buruk, buruk pula pasukannya". Jika engkau dianugerahi pandangan, tentu engkau tahu bahwa rusaknya para pengikutmu adalah karena kerusakan dirimu, dan kebaikan mereka adalah karena kebaikanmu. Jika engkau rusak, rusak pula para pengikutmu. Lalu engkau lemparkan kesalahanmu kepada mata yang tak berdaya. Sumber bencana yang menimpamu adalah karena engkau tidak memiliki cinta kepada Allah, tidak menyukai dzikir kepada-Nya, tidak menyukai firman, ‘asma dan sifat-sifat-Nya. Engkau beralih kepada yang lain dan berpaling dari-Nya. Engkau berganti mencintai selain-Nya.
Demikianlah, mata dan hati, sepasang sekutu yang sangat serasi. Bila mata digunakan dengan baik, dan hati dikendalikan dengan keimanan kepada Allah SWT, maka kerusakan dan kemungkaran dimuka bumi ini tak akan terjadi. Namun bila yang terjadi adalah sebaliknya, maka kerusakan dan bala bencanalah yang senantiasa menyapa kita.
Robb, bimbinglah kami, agar kami mampu mengendalikan hati kami dengan keimanan kepada-Mu, mengutamakan cinta kepada-Mu, dan tidak pernah berpaling dari-Mu.
Allaahumma ‘aafinii fii badanii, Allaahumma ‘aafiniifii sam’ii, Allaahumma ‘aafinii fii bashorii. Aamiin.
Ya Allah, sehatkanlah badanku, sehatkanlah pendengaranku, sehatkanlah penglihatanku.

Rahasia Awet Muda

Written By Unknown on Jumat, 05 April 2013 | 15.11

Setiap individu yang pernah menghadiri reuni SMA pasti menyadari bahwa usia
bukanlah sekedar sebuah angka yang tertera di KTP Anda.
Bintang sepak bola yang pernah menjadi idola Anda mungkin sekarang sudah
gemuk, keriput, botak seperti kentang sementara pemain terompet yang dulu
berperawakan kurus kering sekarang menjadi sosok musisi professional yang seksi,
tinggi, ramping, dan dandy. Ratu pesta dansa yang berusia 16 tahun kini kelihatan
lebih tua dari usia sebenarnya, sementara individu yang dulu dijuluki ilmuwan tikus
aneh sekarang memiliki wajah yang bebas keriput.
Apa yang menyebabkan perbedaan tersebut? Mungkin juga dipengaruhi gen,
namun Michael F. Roizen, M.D., dekan sekolah pengobatan di SUNY Upstate Medical
University dan pengarang buku "Real Age: Are You As Young As You Can Be?"
menuturkan kita memiliki kontrol penuh untuk menentukan usia kita bahkan kita
bisa melawan proses penuaan tersebut. Melalui beberapa modifukasi gaya hidup,
Dr. Roizen percaya bahwa setiap orang dapat meraih periode tersebut. "Aku
meminta pasienku untuk mencari target kesehatan yang cukup mudah untuk
mereka terapkan dalam hidup," ujarnya. "Semakin masuk akal ambisi Anda akan
semakin terbiasa dengan program yang Anda jalani."
Banyak orang yang mengeluhkan keadaan kulit dan wajah mereka yang tampak
lebih tua daripada umur sebenarnya. Untuk mengatasi masalah ini, ada 14 rahasia
agar Anda tetap tampak awet muda:
Berikut ini beberapa cara mudah untuk memulai memperlambat jam hidup Anda.
1.Selalu merasa bahagia
Merasa bahagia adalah salah satu kunci utama agar tetap ter
lihat awet muda. Dalam setiap kegiatan, usahakan agar apa yang Anda lakukan
sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Hindari stres, perasaan bersalah dan
tertekan karena paksaan orang lain. Ingat, apa yang Anda rasakan akan tercermin
pada wajah Anda. Jadi, orang yang sedang bahagia, wajahnya akan terlihat berseriseri,
santai dan lebih muda daripada usia sebenarnya.
2.Banyak bergerak
Berolahraga adalah cara agar awet muda. Lakukan joging, jalan cepat, bersepeda
maupun berenang sekitar 30 menit setiap hari. Dengan olahraga, risiko terkena
serangan jantung, osteoporosis, dan kanker pun akan mengecil. Olahraga teratur
dapat menambah fleksibilitas otot, memperkuat tulang, serta mengurangi stres,
karena sel- sel tubuh mendapat lebih banyak oksigen. Tidur Anda pun akan
nyenyak.
3.Konsumsi vitamin C
Vitamin C bisa Anda peroleh dari buah- buahan segar (terutama jeruk), sayurmayur
berwarna hijau (brokoli dan lain- lain) atau suplemen vitamin C sebanyak
1000 mg perhari. Vitamin C terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh,
mengurangi risiko terkena kanker dan melindungi tubuh dari efek yang ditimbulkan
oleh polusi. Di samping itu, perbanyak minum air putih. Meminum air putih 8 gelas
per hari akan mengurangi stres, menjaga kesegaran kulit, serta memperlancar kerja
organ tubuh.
4.Gunakan pelindung UV
Matahari adalah salah satu faktor utama penyebab penuaan dini. Oleh karena itu,
gunakan selalu lotion pelembab secara teratur setiap hari, khususnya bila akan
bepergian, agar kulit tetap segar, lembab dan tidak terbakar sinar matahari,
terutama sinar ultra violet (UV).
5.Istirahat cukup
Manusia butuh sekurang- kurangnya 8 jam setiap hari untuk tidur. Istirahat cukup
bermanfaat untuk menghindari terbentuknya kantung mata, kulit keriput dan wajah
kusam.
6.Perhatikan penampilan
Penampilan dan tata rias wajah juga memegang peranan penting. Meski usia terus
bertambah, tetap perhatikan jenis kosmetik yang Anda pakai. Gunakan make- up
tipis untuk kesan natural dengan tetap memperhatikan kondisi dan jenis kulit
Anda.
7.Optimis
Orang yang pesimis selalu tidak percaya diri, gampang putus asa, dan tak pernah
memperhatikan penampilan, yang bisa berakibat depresi. Jadi, berusahalah menjadi
orang yang optimis dalam segala hal, sebab ini akan membuat hidup Anda akan
lebih sehat dan bahagia.
8. Minum Aspirin
Obat ajaib ini bukan hanya membantu meredakan sakit kepala dan demam, namun
juga menurunkan risiko terjangkit stroke, serangan jantung, kemunduran ingatan,
keriput bahkan bisa mengatasi kanker. "Semua penyakit tersebut berhubungan usia
arteri dan aspirin membantu mengurangi bertambahnya usia arteri tersebut,"
tambah Roizen.
Dia menambahkan bagi wanita yang memasuki masa postmenopausal dianjurkan
untuk tidak mengkonsumsi aspirin termasuk penderita ulcers (bisul), diabetes dan
gangguan ginjal untuk membatasi mengkonsumsi aspirin sedikitnya sekitar 325
miligram perhari. Program ini dapat membalikkan waktu Anda sekitar 1,9 tahun.
9. Berhubungan Seks
Berhubungan intim dengan pasangan Anda setidaknya dua kali seminggu
membuat Anda tampak lebih muda dan membuat Anda bisa menerapkan seks yang
sehat. Roizen menyatakan bahwa para pakar kesehatan menekankan bahwa seks
bisa membuat kita tampak lebih muda selain juga mengurangi stress dan
mengambil keuntungan dari biokimia yang timbul saat orgasme. "Kita tidak tahu
jika Anda menikmati kehidupan seks Anda, Anda secara tak sadar akan
menurunkan risiko cedera, kanker, bahkan penuaan arteri," tambahnya. Program ini
dapat membalikkan waktu sampai 1,6 tahun.
10. Lakukan Floss
Jika dokter gigi Anda menyarankan Anda untuk sering- sering menggunakan dental
floos agar Anda tampak lebih muda dan membantu Anda mencegah penyakit
diwilayah gusi. Roizen menambahkan menggunakan dental floss tiap hari dapat
mencegah stroke, meningkatkan memori dan mencegah penyakit jantung, karena
kebiasaan menggunakan dental floss dapat mengurangi berkembangnya bakteri
yang tumbuh di gusi kita. Program ini dapat membalikkan waktu sampai 6,4 tahun.
11. Miliki binatang peliharaan
Roizen menambahkan selain jarang menderita sakit kepala, demam, ataupun
infeksi kronis lainnya, bahkan pemilik binatang peliharaan cenderung terhindar dari
serangan jantung.
Mengapa binatang peliharaan bisa membuat pemiliknya sehat dan bertambah awet
muda, karena pemilik binatang selalu merawat dan melatih mereka dan kegiatan
tersebut menjadi kebiasaan rutin mereka sehingga jadwal tidur dan bangun tidur
menjadi lebih teratur. Program ini dapat membalikan waktu sampai 0,9 tahun.
12. Konsumsilah blueberries
Kita tidak membahas apel dan jeruk - semua buah baik bagi kesehatan kita namun
berries memberikan nutrisi lebih banyak per kalorinya dibanding buah lainnya. "
Berries adalah pil antioksidan alami," ujar Roizen. Satu setengah cangkir berries
memberi kita antioksidan lima kali lebih besar dibanding buah lainnya. Selain itu
blueberries juga mengandung Vitamin C, kaya serat, dan asam ellagic yang
dipercaya baik untuk mencegah kanker. Program ini dapat membalikkan waktu
sampai 1,6 tahun.
13. Latihan beban
Roizen berpendapat bahwa latihan beban hanya sekitar 30 menit seminggu sekali
dapat memperlambat usia, selain membuat tubuh kita semakin kuat, lentur dan
membuat kulit terlihat kencang. Jika memang berat badan bukan target utama
Anda, mungkin menguatkan otot serta memperbaiki postur tubuh bisa menjadikan
alasan untuk memiliki tubuh yang bugar. Program ini dapat membalikkan waktu
sampai 1,7 tahun.
14.Bersosialisasi
Mungkin Anda berpikir menghabiskan waktu dirumah dengan membaca akan
membuat Anda lebih awet muda daripada mengahbiskan waktu di kota. Selama
kehidupan sosial Anda tidak melibatkan minum- minum yang berlebihan,
pengurangan jam tidur serta mengurangi isapan rokok bisa membuat Anda tampak
lebih muda.
"Sosialisasi adalah cara mengurangi stress," ujar Roizen. Semakin bersosialisasi
Anda dengan lingkungan Anda semakin banyak kesempatan Anda untuk
memperlambat usia Anda. Program ini dapat membalikkan waktu sampai 2,3 tahun

Pendidikan Islam Dan Muhammadiyah di Minangkabau

Written By Unknown on Rabu, 03 April 2013 | 15.20

 Berbicara mengenai pendidikan Islam di Sumatera Barat sejak masa kerajaan Islam sampai masuknya masa pembaharuan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh Minang Kabau yang bertujuan untuk menyempurnakan pendidikan dan pengajaran Islam dengan carayang baik dan benar. Tokoh-tokoh pembaharuan ini merupakan pelopor yang memperoleh pendidikan langsung dari Mekah. Setelah tamat belajar  mereka kembali ke Minang Kabau dengan tujuan menerapkan cara-cara pendidikan dan pengajaran yang baru. Tokoh-tokoh itu diantaranya adalah ; Syech Burhanuddin dari Ulakan, Tuanku Imam Bonjol, H.Sumaniak, H.Piobang, H.Miskinin.
Pendidikan Islam di Sumatera Barat telah dilakukan sejak tahun 1680, Saat itu kerajaan Aceh merupakan pusat pengembangan agama Islam di Sumatera. Banyak murid yang berasal dari luar belajar ke Aceh, seperti Syech Burhanuddin dari Ulakan Pariaman. Pada tahun 1680 Syech Burhanudiin mendirikan surau yang dijadikan pusat pendidikan Islam pertama . Banyak murid yang berdatangan ke Sumatera Barat untuk belajar.
Melihat situasi dan kondisi serta fungsinya yang sudah merupakan tempat belajar ,dapatlah disimpulkan bahwa surau adalah sekolah Islam pertama di Sumatera Barat. Sejak abad 17-19 surau disamping sebagai pusat pempat tendidikan agama Islam, juga berfungsi sebagai tempat ibadat dan sekaligus tempat tinggal . Menurut Sidi  Gazalba "Surau atau langgar yang disebut sebagai tempat pengajian atau belajar merupakan unsur kebudayaan asli . Setelah islam masuk maka menjadi bangunan islam. Dahulu tempat ini bertujuan sebagai tempat bertemu, berkumpul, berapat dan tempat tidur pemuda-pemuda yang bersifat daerah........"
Pendidikan dan pengajaran Islam ini sangat maju pada masa itu , berkat usaha-usaha yang dilakukan kaum pembaharuan serta didukung oleh kerajaan Islam. Namun setelah kerajaan Islam itu jatuh dan kaum paderi dapat dipatahkan oleh penjajahan Belanda, Pendidikan dan pengajaran Islam menjadi mundur. Meskipun demikian, pendidikan Islam di surau-surau tetap berdiri dan tidak pernah mati walaupun pemerintah penjajahan mendirikan beberapa sekolah sebagai saingan surau-surau itu.
Sebelum abad ke 19 banyak praktek agama Islam yang menyimpang dan bertentangan dengan ajaran Islam. Praktek yang menyimpang itu sudah menjadi adat dan tradisi bagi masyarakat di Minang Kabau. Praktek agama yang menyimpang itu dilakukan dalam upacara adat misalnya menyabuang ayam., Pada acara mengadu ayam, biasanya mereka saling mempertruhkan uang atau sejumlah harta benda . Penyimpangan lainnya adalah kebiasaan minum tuak sampai mabuk, dalam acara adat menganggap keramat seorang guru, meminta berkat pada makam yang dianggap keramat. Kegiatan-kegiatan ini sangat jelas bertentangan dengan ajaran Islam.
Adanya penyimpangan ajaran Islam di masyarakat menimbulkan pemikiran para Tokoh masyarakat dan ulama untuk mencari pemecahannya, solusi yang diambil untuk meluruskan ajaran agama islam adalah dengan cara mendidik rakyat secara keras untuk kembali menjalankan ajaran Islam dengan baik. Rakyat disuruh untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Mulanya tindakan ini membuat goncang rakyat Minang kabau . reaksi yang keras muncul dari kaum adat yang sudah terbiasa melakukan kebiasaan tersebut, itu sudah mendarah daging bagi mereka. Oleh karena itu mereka menentang keinginan kaum agama tersebut. sementara dikaum agama, melarang dengan keras yaitu menindak dengan tegas penyimpangan-penyimpangan. Pertentangan kedua pihak ini menimbulkan perang saudara antara sesama orang minangkabau. Pertentangan terjadi antara penganut agama Islam yang berhaluan keras dengan penganut adat yang memegang teguh kebiasaan.
gagasan pembaharuan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh tersebut merupakan ide pembaharuan pertama dibidang pendidikan Islam di Sumatera Barat. Pertentangan antara kaum adat yang mendapat dukungan dari Belanda dengan kaum pembaharuan yang terlalu keras menyebabkan banyak jatuh korban di kedua belah pihak. Ini berarti apa yang menjadi tujuan sebenarnya tidak tercapai dengan maksimal melainkan justru mendapat kerugian, sementara itu, Belanda semakin memperluas jajahannya di daerah Minangkabau.
Ide pembaharuan pendidikan Islam yang kedua datang dari Syech Khatib dan dilanjutkan oleh murid-muridnya seperti H.A.K.Amrullah, M.Jamil Jambek dan Abdullah Ahmad. Ketiganya merupakan pelopor pembaharuan pendidikan Islam di Sumatera Barat dan seorang lagi berasal dari jawa yaitu K.H.A.Dahlan yang merupakan pendiri Muhammadiyah.  
Bersambung......................... 
 

Peranan Muhammadiyah Dalam Sistem Pendidikan Islam... (1)

Written By Unknown on Selasa, 02 April 2013 | 14.30



Muhammadiyah adalah salah satu organisasi sosial Islam yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 18 Nopember 1912 oleh H.A.Dahlan . Muhammadiyah merupakan gerakan Islam yang membawa paham pembaharuan atau Tajdid seperti yang dipelopori oleh Ibnu Taimiyah, Muhammad Bin Abdul Wahab, Sayid Djamaluddin al Afgani, Muhammad Abduh dan lain-lain. Tujuannya adalah mengadakan pembaharuan (pemurnian) ajaran islam , memperbaharui sistem pendidikan islam agar sesuai dengan perkembangan zaman , mengembalikan dasar kepercayaan umat kepada tuntunan Al-Quran dan Hadits, bersih dari Bid’ah dan Khurafat, serta menafsirkan ajaran islam secara modern. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan berbagai kegiatan seperti ; dakwah islam, memajukan pendidikan dan pengajaran, mendirikan lembaga-lembaga pendidikan, mengadakan Tabligh untuk membicarakan masalah-masalah islam serta menerbitkan buku-buku, brosur-brosur, surat kabar dan majalah.
Dalam bidang pendidikan, Muhammadiyah berusaha mengadakan pembaharuan sistem pendidikan dan pengajaran yang berorientasi Islam, baik disekolah, madrasah maupun pendidikan dalam masyarakat yang bersifat non formal. Artinya dengan memajukan pendidikan maka masyarakat Islam dengan sendirinya menjadi pribadi yang berkualitas baik dalam hal agama maupun dalam ilmu pengetahuan umum.
Oleh sebab itu ,organisasi Muhammadiyah sejak awal berdirinya, melakukan kegiatan seperti membangun sekolah-sekolah, madrasah . Sejalan dengan itu pembaharuan sistem pendidikan dan diterbitkannya majalah-majalah yang bersifat keagamaan . Pada tahun 1950-an Muhammadiyah mengusulkan agar didalam kurikulum sekolah-sekolah umum dicantumkan mata pelajaran agama. Berkat usahanya itu , maka keluarlah Undang-Undang No.4 tahun 1950.
Sebelum Muhammadiyah didirikan, lembaga pendidikan yang dimiliki oleh umat islam barulah berupa pondok atau surau yang tidak memenuhi tuntutan dan kehendak zaman.Sistem pelajaran dilaksanakan secara tradisional ,tanpa kurikulum ,tanpa tahun ajaran,dan tanpa administrasi. Waktu belajar murid-murid duduk melingkar disekeliling guru.
Lembaga pendidikan Islam dengan sistem surau itu sebahagian besar berada  didaerah pedesaaan dan terpencil dari perkembangan dunia sekitarnya. Dengan sistem ini menyulitkan lembaga itu berkembang untuk mencapai kemajuan dan perkembangan selanjunya tidak mengalami kemajuan dan perubahan.
Di lain pihak Pemerintah Kolonial Belanda , mendirikan sekolah-sekolah sekuler dengan sistem modern yang banyak menarik minat masyarakat, Selain itu juga muncul sekolah-sekolah misi Kristen yang bertujuan untuk menyebarkan faham agamanya . Untuk membendung tujuan dan misi Kolonial Belanda itulah Muhammadiyah berusaha melakukan pembaharuan.
Muhammadiyah mulai mendirikan sekolah-sekolah agama (madrasah) dengan sitem modern yang menggunakan ruangan sekolah , bangku kurikulum ,tahun ajaran , serta administrasi yang teratur. Kurikulum sekolah-sekolah agama ( madrasah) yang didirikan Muhammadiyah juga disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Di samping madrasah Muhammadiyah mendirikan sekolah-sekolah umum yang sama sistem kurikulumnya dengan sekolah yang didirikan oleh kolonial Belanda. Disekolah, sekolah Muhammadiyah ditambahkan pelajaran agama Islam, sedangkan sekolah di Kolonial Belanda tidak dicantumkan pelajaran agama Islam ,bahkan dilarang siswa-siswa itu belajar agama.
Dengan demikian Muhammadiyah mempelopori sistem pendidikan baru dengan memodifikasi kurikulum sekolah madrasah dan menambahkan pelajaran agama pada kurikulum sekolah umum. Melalui sekolah-sekolah itulah ditingkatkan pendidikan umat Islam dan sekaligus dibina kader-kader bangsa.,.....  
Pembaharuan sistem pendidikan yang dirintis oleh Muhammadiyah terus berkembang sampai zaman kemerdekaan . Bahkan dapat dikatakan telah menjadi sitem pemdidikan nasional.. hal ini telah tercantum dalam Undang-undang Nomor 4 tahun 1950 dan Undang-undang nomor 12 Tentang dasar-dasar pendidikan dan pengajaran. Undang-undang ini merupakan Undang-undang pertama mengenai pendidikan di Indonesia dengan jelas mencantumkan pendidikan agama dalam kurikulum sekolah-sekolah negeri. Hal ini membuktikan bahwa upaya Muhammadiyah untuk mengadakan pembaharuan dengan mencantumkan mata pelajaran agama kedalam kurikulum sekolah umum telah terwujud dengan lahirnya Undang-undang Nomor 4 tahun 1950.
Pembaharuan Muhammadiyah dalam sistem pendidikan Islam juga terjadi di Sumatera Barat . Organisasi ini masuk pada tahun 1925, tepat nya di Maninjau, Sungai Batang. Masuknya Muhammadiyah di pelopori oleh Syech Abdul Karim Amrullah (H.Rasul) Pada tahun yang sama juga didirikan cabangnya di Padang Panjang dan diikuti daerah lainnya seperti; Simabur, Bukittinggi, Payakumbuh, Pariaman.
Perkembangan Muhammadiyah di Sungai Batang Maninjau cepat sekali dan ajaran diterima oleh masyarakat dengan baik. Antusiasme dan semangat pembaharuan masyarakat juga tampak di daerah ini. Sebelum Muhammadiyah masuk di Sungai Batang telah berdiri organisasi lokal yang disebut " Sandi Aman Tiang Salamat" yang memiliki faham dan gerakan yang sama dengan Muhammadiyah.
Hal yang sama juga terjadi di Padang Panjang pembaharuan yang dibawa oleh Muhammadiyah cepat diterima. Dalam waktu yang singkat Muhammadiyah telah mendirikan cabang dan ranting dimana-mana. Kesuksesan perkembangan Muhammadiyah tidak lain disebabkan karena faham yang menjadi tujuan gerakannya menyenytuh hati masyarakat yang pada masa itu sedang menginginkan adanya pembaharuan. 
Disamping itu, fokus pembaharuan Muhammadiyah tidak hanya satu fokus,Tujuan gerakan ini melakukan pembaharuan di berbagai bidang seperti ; bidang agama, sosial dan pendidikan. Untuk mencapai tujuan itu Muhammadiyah giat melaksanakan amal usahanya dengan nyata yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Walaupun tidak sedikit hambatan dan rintangan yang dihadapi dari sebagian lapisan masyarakat yang masih memegang teguh adat-istiadat serta adanya propaganda politik yang dilancarkan oleh kolonial Belanda maupun komunis. Akan tetapi karena Muhammadiyah berjalan diatas jalan yang lurus maka hambatan dan tantangan itu bisa diatas dengan baik.
Salah satu tujuan Muhammadiyah adalah untuk memajukan dan memarakkan pengajaran agama Islam. Untuk itu Muhammadiyah mempergiat dan memperdalam penyelidikan ilmu agama Islam . Disamping itu Muhammadiyah memajukan serta memperbaharui sistem pendidikan pengajaran, agar dan memperluas ilmu pengetahuan sesuai dengan tuntunan agama Islam.
Bersambung.......................

Pisah Sambut Kepala MTsM Sungai Batang.

Written By Unknown on Rabu, 10 Oktober 2012 | 11.08

Hari nan indahkan berlalu
Saat berpisah tibalah
Terjalin dilubuk hatiku
Kenangan manis tak terlupakan

Selamat jalan....selamat jalan...
Sepanjang hayat tetapkan ku kenang
kudo'akan... kebahahagiaan
Tuhan melimpahkan

Syair lagu yang dilantunkan siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Batang dalam acara perpisahan dengan Kepala Sekolah MTsM Sungai Batang atas nama Mulya Hadi S.Pd.I ,M.Pd.I,terasa sangat menyayat hati,kenapa tidak..........???? hampir 7 (tujuh) tahun pak Mulya Hadi,yang lebih akrab dipanggil pak adi, mengabdi di MTsM ,baik sebagai seorang guru maupun sebagai kepala sekolah,begitu banyak suka dan dukanya serta perjuangannya dalam membangun dan memajukan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah hingga memperoleh akreditasi dengan peringkat B (baik). Hal ini tentu tidak akan mudah terlupakan,baik sesama majlis guru,komite,siswa,wali murid dan masyarakat Nagari Sungai Batang pada umumnya.
Dalam acara pisah sambut kepala Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Batang pada tanggal 6 Oktober 2012 tersebut Wali Nagari Sungai Batang A.DT.BANDARO KAYO yang juga sebagai Ketua KOMITE MTsM mengatakan " Tambilang tanti batanti, satanti ambiak panaruko,panaruko sawah di kajai,nan hilang dapek diganti,pangganti indak kasarupo,sarupo indak saparangai" Memang setiap pribadi tidak akan bisa sama, namun apa yang telah di goreskan oleh pak adi di MTsM tentu akan bisa dilanjutkan oleh Kepala Sekolah yang baru nantinya,hingga apa yang telah dilakukan dalam meningkatkan MTsM ini tidak terputus.bahkan akan lebih maju dari apa yang telah ada pada saat ini.
Lain halnya dengan Pak Mulya Hadi, dia mengatakan bahwa dalam pengabdiannya di MTsM Sungai Batang mungkin belum seberapa, disana sini masih banyak kekurangan apa lagi di usia yang masih muda, pengalaman yang jauh dari cukup, mungkin dalam pelaksanaan kegiatan bayak kesalahan baik terhadap sesama majlis guru,siswa, wali murid dan masyarakat pada umumnya.untuk itu saya (kata pak adi) mohon dimaafkan.
Diacara pisah sambut kepala sekolah tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Agam,pak Imam Zaidalah,yang sekaligus melakukan pelantikan terhadap Kepala Sekolah yang baru yaitu Ibu ANIDAR S.Pd.I. Dimana pak Imam Zaidalah mengatakan bahwa kemajuan suatu sekolah bukanlah tergantung kepada Kepala Sekolahnya saja, melainkan  ini dapat dicapai dengan adanya kerja sama baik majlis guru,wali murit,komite sekolah dan masyarakat sekeliling  pada umumnya.Bila hal ini tidak terjalin mustahil suatu pekerjaan berat akan dapat diselesaikan.apalagi pada situasi dan kondisi masa sekarang ini.



Mengenang Sa'diyah Syarif

Written By Unknown on Kamis, 27 September 2012 | 09.47

Sa'diyah Syarif
Sa'diyah Syarif adalah salah seorang  Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Muara Pauh Sungai Batang semenjak tahun 1979 s/d 1985.Dalam kepemimpinannya di MTsM di kenal keras dan disiplin terhadap murid, bahkan terhadap cucunya sendiri yang ikut belajar di MTsM ia memperlakukan sama dengan murid-murid yang lain, pernah suatu hari cucunya yang bernama Nasrul melanggar peraturan yang ada di MTsM, di berikannya tindakkan untuk disekor selama tiga hari.
Sa'diyah Syarif merupakan salah seorang putri Sungai Batang yang lahir di Padang Sariak Jorong Nagari Kanagarian Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya pada tanggal 10 Syawal 1332. H / 18 Juli 1914 M. Dengan kepribadian yang keras dan di dukung dengan otak yang cerdas beliau mulai belajar dari lingkungan yang terdekat, belajar membaca Al-quran di surau balenggek dengan Syekh Muhammad Amrullah,dan sederetan ulama-ulama yang ada pada waktu itu.
Sebagai latar belakang pendidikan formal ibu Sa'diyah Syarif adalah sebgai berikut :
  1. Al-quran Diniyah Islamiyah tahun 1920 s/d 1922 di Kukuban Nagari Maninjau.
  2. SD / Standar (Governemen) 1922 s/d 1928
  3. Belajar dengan DR.Syeikh Abdul Karim Amrullah di Muara Pauh Nagari Sungai Batang tahun 1929 s/d 1933
  4. Diniyah Putri Rahmah Elyunusi 1934 s/d 1942 di Padang Panjang.
Setelah tamat dari Diniyah Putri pada tahun 1942 beliau langsung mengajar di Diniyah putri itu semenjak dari tahun 1943 s/d 1960. Namun pada tahun 1960 itu karir beliau menjadi seorang guru di Diniyah Putri Elyunusi Padang Panjang berakhir, dikarenakan meletusnya PRRI ditahun itu, maka beliau terpaksa pulang kekampung halaman.  
Berkat bimbingan dari guru beliau  di diniyah putri seperti Rangkayo Rahmah Elyunusi dan Ustad Zainuddin Labai Elyunusi (Pendiri Diniyah Scool Padang Panjang)maka sesampai beliau di kampung,sa'diyah tidak bisa untuk berpangku tangan,beliau aktif di organisasi 'Aisyiyah Cabang tanjung Raya Selatan sekaligus ketua Da'wah dan pendidikan di 'aisyiyah.
Pada tahun 1961 berdasarkan permintaan dari Syeikh Yusuf Amrullah (Salah seorang pendiri Sekolah Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah) beliau mulai mengajar di  Madrasah Tsanawiyah, pada waktu itu nama Madrasah Tsanawiyah masih Ihya 'Ulumiddin. dengan latar belakang kepribadian dan pendidikannya yang penuh dengan kedisiplinannya dan dia juga ahli dan mahir dengan ilmu nahu dan syaraf serta menguasai Alqiraatul kitap maka pada tahun 1979 beliau diangkat menjadi kepala sekolah hingga tahun 1985.
Setelah beliau tidak lagi jadi kepala sekolah di tahun 1985 , aktifitas beliau mengajar wirid ke surau-surau yang ada di Sungai Batang hingga akhir  hayat beliau pada tahun 1996.

"SANG SINGA PODIUM"

Written By Unknown on Selasa, 25 September 2012 | 12.06

H.Muhammad Isa Anshari (1916-1969) : "Sang Singa Podium"

Ditulis ulang : Muhammad Ilham

Ia dijuluki "Singa Podium". Sebuah julukan yang sangat beralasan demikian karena kefasihan kemampuan berorasi mampu mengobarkan semangat setiap orang yang mendengarnya. Pemuda yang bertubuh pendek, gemuk dengan bahu yang agak bungkuk ini lahir di Maninjau, Sumatera Barat, 1 Juli 1916. 

Di usianya yang masih remaja, Isa Anshari telah terjun ke dunia politik. Di kota kelahirannya itu ia sudah menjadi kader PSII dan aktif sebagai mubaligh Muhammadiyah. Seperti halnya para pemuda lainnya, Isa Anshari merantau ke pulau Jawa dan menetap di kota Bandung. Di kota Kembang inilah ia bertemu dengan Soekarno. Selain dikenal sebagai pemuda yang taat beragama, aktivitas politiknya makin menggebu-gebu. Di usianya yang muda, ia telah memimpin beberapa organisasi, yaitu Ketua Persatuan Muslimin Indonesia Bandung, Pemimpin Persatuan Pemuda Rakyat Indonesia Bandung, Sekretaris Partai Islam Indonesia Bandung serta ikut mendirikan Muhammadiyah cabang Bandung. 

Dalam pergerakan itu, ia bergabung dengan kelompok pemuda yang disebut-sebut radikal, seperti M. Natsir. Aktivitasnya di Persis yang sempat dipimpinnya beberapa periode seakan-akan semakin tersemai subur. Ia juga menjadi anggota Indonesia Berparlemen, Sekretaris Umum Komite Pembela Islam dan pemimpin redaksi majalah Daulah Islamyah.

Satu hal yang mencolok dari tokoh yang pernah menjadi pembantu tetap Pelita Andalas dan Perbincangan ini adalah sikapnya yang tegas. Ia sering dinilai tidak bersikap kompromistis. Tidak mengherankan kalau Herbert Feith menyebutnya dengan figur politisi fundamentalis yang memiliki keyakinan teguh. Oleh karena itu, pada zaman Jepang, ia telah mengomandoi gerakan Anti Fasis (Geraf), Biro Penerangan Pusat Tenaga Rakyat (Putera) Priangan, memimpin Angkatan Muda Indonesia dan mengorganisasi Majelis Islam yang membentuk kader-kader Islam.

KH. Isa Anshari adalah salah satu pilar yang membangun Persis. Pada tahun 1935-1960 ia sempat menjadi ketua umumnya. Selama memimpin Persis, perannya sangat menonjol. Ia selalu memberikan arahan dan warna bagi organisasi itu. Pidatonya selalu bergelora membuat pandangan yang mendengarkan selalu tertuju kepadanya. Bukan sekali dua kali ia ditegur oleh aparat keamanan karena “garangnya” pidato yang ia sampaikan. Dalam hal tulis menulis analisisnya cukup tajam. Di antaranya hasil karyanya adalah Bahaya Merah Indonesia (1956), Barat dan Timur (1948), Islam Menentang Komunisme (1956), Tuntunan Puasa (1940), Umat Islam Menghadapi Pemilihan Umum (1953), dan lain-lain.

Dalam kancah politik, Masyumi menjadi ladangnya. Bagi para ulama kritis , berpolitik merupakan bagian tuntutan agama. Mereka selalu meneriakkan kebenaran walaupun pahit dirasakan. Bagi mereka, berpolitik adalah alat untuk mencapai cita-cita umat Islam. Di bawah bendera Masyumi, ia semakin memperkuat posisinya sebagai politisi. Tahun 1949, ia memimpin sebuah kongres Gerakan Muslimin Indonesia. Keterlibatan KH. Isa Anshari dalam pentas politik membuat dia harus menghadapi risiko yang tidak kecil. Ketika terjadi razia terhadap orang-orang yang diisukan ingin membunuh presiden dan wakil presiden pada bulan Agustus 1951 oleh PM Sukiman Wirdjosandjoyo, KH. Isa Anshari ditangkap. Namun beberapa saat kemudian ia dilepaskan dan dinyatakan tidak bersalah. Sepak terjangnya di bidang politik sempat menyedot perhatian massa. Di mana ia memberikan pidato, pasti dipenuhi massa yang ingin mendengarkan suaranya. Biasanya massa yang hadir bukan hanya partisipan Masyumi, tapi juga masyarakat umum. Pada masa Soekarno, Masyumi menjadi salah satu lawan politik pemerintah yang terus digencet. Saat tragedi Permesta meledak (1958), banyak tokoh-tokoh yang diciduk. Termasuk KH. Isa Anshariyang saat itu berada di Madiun bersama Prawotomangkusasmito, M. Roem, M. Yunan Nasution dan EZ.Muttaqien serta beberapa tokoh lainnya.

Pada masa demokrasi parlementer, muncul beberapa konflik antar kelompok. Ada yang menginginkan Indonesia berideologi sekuler-nasionalis dengan dasar negara Pancasila. Di sisi lain ada yang menginginkan terbentuknya negara Islam, atau paling tidak negara yang berideologikan hukum-hukum Islam. Di tubuh Masyumi, cita-cita untuk membangun Negara Islam sangat subur. KH. Isa Anshari tetap menjadi juru bicara yang ulet bagi Masyumi. Namun sayang, keinginan mereka untuk mewujudkan Negara Islam gagal.

Ketidakberhasilan ini disebabkan beberapa hal, di antaranya munculnya polarisasi mengenai bentuk dan konsep negara Islam itu sendiri. Ada yang berpendapat bahwa aturan dan ajaran Islam harus terwujud lebih dahulu yang nantinya dengan sendiri akan terbentuk negara Islam. KH. Isa Anshari termasuk dalam kelompok ini.

Di sisi lain ada yang berpendapat bahwa negara Islam harus di bentuk dahulu, baru kemudian diberi corak dan warna Islam. Di Luar itu, muncul kelompok yang lebih keras lagi. Maka meledaklah peristiwa DII/TII di Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Aceh serta gerakan Ibnu Hajar di Kalimantan. Gerakan-gerakan itu dapat dipadamkan oleh Soekarno.

Pada era berikutnya, KH. Isa Anshari terus berkecimpung dalam membangun umat. Di usianya yang kian lanjut, ia lebih banyak mengkader generasi muda. Ia tidak lagi menjadi pemimpin di organisasi yang membesarkannya, tapi cukup sebagai penasehat. Begitulah contoh seorang pemimpin yang mengetahui keadaannya. Kendati demikian ia tetap saja mendapat halangan. Ia sempat dijebloskan ke dalam penjara oleh Soekarno. Dari balik terali besi ia masih sempat mengirimkan tulisan-tulisan ke para sahabatnya. KH. Isa Anshari tidak mengenal lelah. Menjelang akhir akhir hayatnya ia tetap bekerja untuk umatnya. Pada 11 Desember 1969 atau sehari setelah Hari Raya Idul Fitri 1369 H ia meninggal dunia, di RS Muhammadiyah Bandung. Sehari sebelumnya ia menyatakan bersedia memberikan khutbah Idul Fitri, namun takdir berkehendak lain. Naskah khutbah itu sempat diketiknya dua halaman, dan tak sempat terbacakan.

FORUM PEDULI MTsM SUNGAI BATANG

Berbagai macam cara untuk memajukan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Batang, baik dari segi pembelajaran maupun dari segi meningkatkan pembangunan gedung dan fasilitas lain yang mendukung dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Semenjak dari tahun 1925 didirikan sekolah Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Batang oleh Dr.Abdul Karim Amrullah, H.Yusuf Amrullah, Buya AR.St.Mansur dan lain-lain. yang dahulunya bernama IHYAULUMUDDIN. Sekolah ini selalu mebutuhkan swadaya dan bantuan dari masyarakat terutama warga Muhammadiyah, karna dalam operasionalnya sekolah ini tentu membutuhkan dana yang semakin lama semakin meningkat.
Sekolah yang telah berumur 87 tahun ini telah banyak melahirkan ulama-ulama dan ahli pendidikan, para alumninya telah banyak tersebar di Indonesia bahkan ada yang sampai ke luar negri, seperti FIRDAUS yang sekarang berada di Amerika Serikat.dan juga banyak yang berkiprah baik di instansi swasta maupun instansi pemerintahan dan juga banyak yang telah menjadi pengusaha.
Dari cerminan hasil yang telah diberikannya itu perlulah kita pertahankan keberadaan MTsM Sungai Batang ini, sebagai salah satu sekolah tertinggi di Nagari Sungai Batang untuk membina umat dimasa yang akan datang.
Sebagai perwujudan dalam meningkatkan dan memajukan MTsM ini,maka pada tanggal 4 Juli 2012 Komite sekolah telah mengutus Bapak DASRI D dan ENGKU NASBIR KH.SINARO untuk menemui alumni Ihyaulumiddin dan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Batang di Bandar Lampung. dan pada tanggal 8 juli 2012 diadakanlah pertemuan dan musyawarah dengan alumni yang bertempat di Rumah Makan Dua Saudara kepunyaan H.Fityan Puad. dalam pertemuan dan musyawarah itu dibentuklah FPMS (Forum Peduli MTsM Sungai Batang) dengan susunan pengurus sebagai berikut:
Penasehat                                  : H.NAZIR HASAN ST SINARO
K e t u a                                    : H. FITYAN PUAD
Sekretaris                                  : M.SHOLEH
Bendahara                                 : H.EDI AZHARI
Anggota                                    :  ANTON
                                                   FIRDAUS
Dengan di bentuknya FPMS di Bandar Lampung merupakan salah satu terobosan dalam meningkatkan dan memajukan MTsM Sungai Batang untuk masa yang akan datang, hanya sebagai harapan kepada alumni  MTsM dan warga Muhammadiyah dimana saja berada kiranya juga dapat melakukan hal yang sama disetiap kota, sehingga dengan kerja sama dan bergandengan tangan kita dapat untuk lebih meningkatkan dan  memajukan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah ini. semoga pa yang kita lakukan akan mendapat ridho dari pada Allah SWT.Amiin.

Profil Sekolah MTsM Sungai Batang TP. 2015-2016

Written By Unknown on Senin, 10 September 2012 | 13.44

Perserikatan Muhammadiyah didirikan pada tahun 1912 oleh KH.Ahmad Dahlan, dan pada tahun 1924 Muhammadiyah didirikan oleh Buya AR.ST.Mansur di Sungai Batang untuk menumbuhkan generasi Islam yang beriman, maka tahun 1925 didirikan sebuah  Madrasah yang kemudian menjadi Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTsM) pertama di Indonesia. Setelah itu untuk menampung lulusan MTsM Sungai Batang, didirikan pula Madrasah Qulliyatul Mubalighin di Padang Panjang. Anak-anak yang berhasil di Qulliyatul Mubalighin menjadi Mubaligh-Mubaligh Muhammadiyah dan dikirim keseluruh Indonesia , sehingga Muhammadiyah dengan syiar Islam dan organisasinya menyebar keseluruh Nusantara. Ditilik dari latar belakang tersebut daiatas, menyatakan bahwa MTsM Sungai Batang merupakan Pioneer  dari gerakan dakwah amal ma’ruf nahi mungkar perserikatan Muhammadiyah.
Pendiri sekolah ini aadalah Cabang Muhammadiyah Sungai Batang yang didalamnya terdiri dari Dr.Abdul Karim Amrullah (Ayahanda Buya Hamka), H.Yusuf Amrullah, Buya AR.St.mansur, dan lain-lain. Betapa besar nilai sejarah pendidikan didalam perserikatan Muhammadiyah yang tersebar di mana-mana, dan semuanya itu dimulai dari langkah awal MTsM Suangai Batang yang pada saat ini sedang menyempurnakan sarana dan prasarana pendidikan.
Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Batang sebagai satu-satunya lembaga pendidikan di Nagari Sungai Batang . Madrasah ini merupakan basis pengkaderan ulama di Sungai Batang yang melahirkan ulama-ulama dan ahli pendidikan yang harus kita pertahankan dan tingkatkan secara bersama bergandengan tangan. Jika tidak tentu madrasah ini akan mengalami kemunduran yang akhirnya akan mati dan tinggal nama saja.
Pada tahun 2010, berkat kerja sama antara guru-guru, komite dan ikatan pedagang serta bantuan dari para dermawan, MTsM Sungai Batang telah berhasil mersaih Akreditasi A Secara formal MTsM sudah berhak melaksanakan Ujian Nasional (UN) sendiri.

PROFIL MADRASAH

1.       Nama Madrasah                   : MTsS Muhammadiyah Sungai Batang
2.       No. Statistik                        : 121213060046
3.       Akreditasi                            : A
4.        Alamat Lengkap                  : Muara Pauh
                                             Kelurahan Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya
                                             Kabupaten Agam Propinsi Sumatera Barat
                                             No. Telp. (0752) 61511
5.       NPWP                                 : 00.494.611.7-202 000
6.       Nama Kepala                       : Ramadhani, S.Pd.I
7.       No. Telp./ HP                      : 085263186799
8.       Nama Yayasan                    : Muhammadiyah
9.       Alamat Yayasan                   : Sungai Batang
No. Telp. Yayasan               : No. Telp. (0752) 61511
10.   No. Akte Pendirian Yayasan : 1969/II-054/SB-70/1978
11.   Kepemilikan tanah                : Milik Yayasan Muhammadiyah
                                             Status tanah: waqaf dibeli
                                             Luas Tanah : 1965 m2
12.   Status Bangunan                  : Milik sendiri (Yayasan)
13.   Luas Bangunan                    : 792 m2
14.   Data Siswa dalam tiga tahun terakhir

TAHUN
AJARAN
KELAS 1
KELAS 2
KELAS 3
JUMLAH
(KELAS 1+2+3)
Jml
Siswa
Jml
Rombel
Jml
Siswa
Jml
Rombel
Jml
Siswa
Jml
Rombel
Jml
Siswa
Jml
Rombel
2011/2012
25
1
22
1
23
1
70
3
2012/2013
34
2
29
1
19
1
82
4
2013/2014
38
2
35
2
32
2
105
6
2014/2015
34
2
41
2
29
2
104
6

15.   Data Sarana Prasarana
No
Jenis Prasarana
Jumlah
Ruang
Jumlah
Ruang
Kondisi
Baik
Jumlah
Ruang
Kondisi
Rusak
Kategori Kerusakan
Rusak
Ringan
Rusak
Sedang
Rusak
Berat
1
Ruang Kelas
6
2
4
2

2
2
Perpustakaan
1
1




3
Ruang Labor IPA
1
1




4
Ruang Labor Biologi






5
Ruang Labor Fisika






6
Ruang Labor Kimia






7
Ruang Labor Komputer
1
1




8
Ruang Labor Bahasa






9
Ruang Pimpinan
1
1




10
Ruang Guru
1
1




11
Ruang Tata Usaha
1
1




12
Ruang Konseling






13
Tempat Ibadah
1
1




14
Ruang UKS
1
1




15
Jamban
7
7




16
Gudang
1

1


1
17
Ruang Sirkulasi






18
Tempat Olahraga






19
Ruang Organisasi Kesiswaan






20
Ruang Lainnya







16.   Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (data terlampir)

NO
KETERANGAN
JUMLAH
Pendidik
1
Guru PNS yang diperbantukan tetap
2
2
Guru Tetap Yayasan
13
3
Guru Honorer
3
4
Guru Tidak Tetap

Tenaga Kependidikan
1
Tenaga Administrasi
1
2





Pengunjung

Rekening Donasi



 
Copyright © 2012. Website Resmi MTs Muhammadiyah Sungai Batang - All Rights Reserved
Jl Lingkar Maninjau Km 5.5 Muaro Pauah Nagari Sungai Batang
Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam 26472
Support : Ranah Maninjau
Created by MPS