Perbanyak Sedekah - Website Resmi MTs Muhammadiyah Sungai Batang
Headlines News :
Home » » Perbanyak Sedekah

Perbanyak Sedekah

Written By Unknown on Kamis, 04 Juli 2013 | 13.30



DEMI mengisi bulan yang penuh rahmat ini, salah satu hal yang diajarkan Rasulullah SAW adalah memperbanyak sedekah. Memberikan harta terbaik yang kita miliki untuk dirasakan juga oleh mereka yang kurang beruntung. Sehingga, terciptalah rasa toleransi serta berbagi nasib dan penderitaan.

Hal ini sungguh telah Rasulullah SAW contohkan kepada umatnya. Ramadan merupakan momen yang tepat untuk memperbanyak sedekah atau berbagi kepada sesama.

Dari Ibnu Abbas RA berkata, “Rasulullah SAW adalah manusia yang paling dermawan. Saat di mana beliau paling suka berderma adalah pada bulan Ramadan saat beliau sering bertemu Jibril. Jibril kerap datang menemui Beliau pada setiap malam di bulan Ramadan untuk mengajari Alquran. Sungguh Rasulullah SAW saat sering bertemu Jibril adalah manusia yang paling suka berderma bahkan bisa mengalahkan angin yang bertiup kencang.” (Muttafaqun Alaihi).

Rasulullah SAW adalah manusia yang paling mengerti akan kebenaran dan balasan-Nya. Beliau adalah manusia yang amat percaya dengan janji Allah SWT atas ganjaran kebaikan. Sebab pahala dan kebaikan adalah rahasia langit yang dijanjikan dan hingga kini belum dapat diindera oleh ummat manusia.

Karenanya, Rasulullah SAW hanya mencontohkannya dan beliaulah sebaik-baik contoh yang pernah ada.

Rasulullah SAW bersedekah begitu sering bahkan mengalahkan angin yang bertiup kencang. Ini berarti bahwa tangan Beliau begitu ringan untuk membantu sesama.

Tidak ada jeda waktu yang diperlukan untuk memenuhi permintaan orang yang kekurangan. Beliau hanya berharap balasan Allah SWT yang berlipat ganda.

Manusia pada hakikatnya gemar dengan harta. Banyak sekali manusia yang terobsesi untuk mendapatkanya, meski ia tahu bahwa harta tak akan memberinya kebahagiaan dan kecukupan.

Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa.” (QS. 92:11)

Bila manusia sudah menyadari hakikat harta yang binasa, semestinya ia berpikir untuk mentransformasikan harta yang ia miliki sehingga dapat dijadikan modal untuk mengarungi hidup di akhirat. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak sedekah.

Untuk apa harta banyak digunakan kalau hanya habis karena dimakan. Maka gunakanlah harta yang Allah berikan secukupnya, dan selebihnya habiskanlah dengan bersedekah.

Dengan sedekah, harta yang tadinya hanya akan habis kita gunakan atau makan, maka akan menjadi pahala yang besar di sisi Allah SWT hingga berlipat ganda dan akan ditemukan kembali sebagai kebaikan di akhirat. Apalagi bila hal itu dilakukan dalam Ramadan. Setiap amal manusia dilipatgandakan.

Perbanyaklah sedekah di jalan Allah SWT dan hiasilah Ramadan kali ini dengan sedekah.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Perbanyak Sedekah. Silahkan Klik Tombol Like Atau Share Untuk Berbagi Artikel Ini Atau Silahkan Di Copy Link http://mtsm-sungaibatang.blogspot.com/2013/07/perbanyak-sedekah.html Terima Kasih.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pengunjung

Rekening Donasi



 
Copyright © 2012. Website Resmi MTs Muhammadiyah Sungai Batang - All Rights Reserved
Jl Lingkar Maninjau Km 5.5 Muaro Pauah Nagari Sungai Batang
Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam 26472
Support : Ranah Maninjau
Created by MPS